Kamis, 19 Januari 2012

BAPAK KOPERASI INDONESIA

BAPAK KOPERASI

Bapak koperasi Indonesia adalah Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta. Beliau mendapatkan gelar yaitu sebagai Bapak Koperasi Imdonesia. Beliau lahir di Fort de Kock (kini Bukittinggi), Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Beliau meninggal pada usia 77 tahun, di Jakarta pada tanggal 14 maret 1980. Beliau pernah menjabat sebagai wakil presiden yang waktu itu presidennya Soekarno. Kemudian Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta selesai menjadi wakil presiden pada tahun 1956.
Hatta sudah menjadi aktivis organisasi pada usia 15 tahun. Hatta senang menghardiri pertemuan-pertemuan politik. Bahkan beliau mempunyai salah satu Tokoh politik yang bernama Abdul Moeis, hatta merupakan orang yang gemar membaca sehingga pemikirannnya sangat tajam.
Hatta mulai pendidikan dasar di Sekolah Melayu Fort de Kock, kemudian beliau melanjutkan studi ke Europeesche Lagere School di Padang tahun 1913-1916. Pada waktu itu Hatta telah lulus ujian masuk ke HBS di Jakarta (Batavia). Tapi waktu itu umurnya masih muda jadi ibunya tidak member izin untuk memeberi izin, tapi ibunya menginginkan hatta tetap ada di Padang, beliau melanjutkan ke MULO yang berada di padnag. Terus ia berangkatlah ke Jakarta untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Dagang “Prins Hendrik School” itu pada tahun 1919.
Sangat mengagumkan, Bung Hatta pergi ke Rotterdam(Belanda) untuk mempelajari atau belajar perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool. Selama 11 tahun beliau tinggal disana. Kemudian beliau mendapat gelar yaitu Dictor Honoris Causa dari Universitas Gajah Mada di Jogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar